Home » » Hubungan Peridoksin Peridoksal Dengan Karboksilasi Oksidatif

Hubungan Peridoksin Peridoksal Dengan Karboksilasi Oksidatif

Pada tahun 1934, George mendefenisikan dan memisahkan vitamin B6 yang dapat menyembuhkan dermatitis bersisik pada tikus. Percobaan struktur kimia dan sintesis vitamin B6 atau pirodoksin di tetapkan pada tahun 1939, bentuk lain berupa peridoksamin beserta bentuk aktifnya sebagai peridoksal fosfat di tetapkan pada thn 1945.

Vitamin B6 ini terdapat dalam tiga bentuk yaitu : peridoksin, peridoksal dan peridoksamin. Peridoksin hidroklorida adalah bentuk sintetik yang di gunakan sebagai obat. Dalam keadaan difosforilasi, vitamin B6 ini berperan sebagai koenzim berupa peridoksal fosfat (PLP), peridoksamin fosfat (PMP) dalam berbagai reaksi transaminasi, di samping itu PLP berperan dalam berbagai reaksi lain

Pengerian  Peridoksil, peridoksal dan peridoksamin merupakan tiga bentuk vitamin B6 yang terdapat di dalam alam. Vitamin B6 berperan sebagai koenzim berupa peridoksal fosfat (PLP) dan peridoksamin fosfat (PMP) dalam berbagai reaksi transaminasi, di samping itu PLP berperan dalam berbagai reaksi lain.


Pirodoksil fosfat berpartisipasi dalam reaksi-reaksi metabolisme asam amino, seperti reaksi transaminasi, dekarboksilasi, dan rasemasi. Reaksi-reaksi tersebut tadi memerlukan enzim yang berbeda-beda, namun enzim-enzim tersebut memerlukan koenzim yaitu peridoksal fosfat.




PERANAN B6 (PERIDOKSIN, PERIDOKSAL) DALAM METABOLISME PROTEIN.

Vitamin B6 mengandung peranan penting dalam proses-proses biokimia dimana bahan-bahan makanan dimetabolisis didalam tubuh. Pyribodoxine ditemukan dalam sel-sel dalam bentuk aktif, yang dikenal sebagai Pyridoxal Phosphate (PLP), suatu koenzim yang berfungsi dalam metabolisme protein., lemak dan karbohidrat. Tidak seperti vitamin-vitamin lain yang larut dalam air, maka vitamin B6 tidak mempunyai peranan langsung dalam metabolisme energi.

Vitamin B6 berperan dalam bentuk fosforilasi PLP dan PMP sebagai koenzim terutama dalam transaminasi, dekarboksilasi, dan reaksi lain yang berkaitan dengan metabolism protein. Dekarboksilasi yang bergantung pada PLP menghasilkan berbagai bentuk amin, seperti epinefrin, noreppinefrin dan serotonin. PLP juga berperan dalam pembentukan asam alfa-aminolevulinat.yaitu prekusor hem dalam hemoglobin.

Di samping itu, PLP di perlukan untuk perubahan triptofan menjadi niasin. Sebagai koenzim untuk fosforilase, PLP membantu melepaskan glikogen dari hati dan otot sebagai glukosa-1-fosfat. PLP juga terlibat dalam perubahan asam linoleat menjadi asam arakidonat yang mempunyai fungsi biologic penting. Peridoksin berada dalam otak dalam konsentrasi tinggi walaupun pada taraf plasma rendah. Kelainan otak seperti demensia mungkin di sebabkan oleh kurangnya pengambilan vitamin-vitamin tertentu terutama vitamin B6 oleh otak.

Karena vitamin B6 banyak berperan dalam metabolism protein, kebutuhanya sebanding dengan kebutuhan protein. Sumber vitamin B6 adalah daging, unggas, ragi, serealia, ubu jalar dan kentang. Kekurangan vitamin B6 menimbulkan gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan metabolism protein, seperti lemah, mudah tersinggung, dan sukar tidur. Kekurangan lebih lanjut menyebabkan gangguan pertumbuhan, gangguan fungsi motorik dan kejang-kejang, anemia, penurunan pembentukan antibody, peredangan lidah serta luka pada pada bibir, sudut-sudut mulut dan kulit.kekurangan vitamin B6 berat dapat menimbulkan kerusakan pada system saraf pusat.

Baca Juga :

Hubungan dengan Karboksilasi Oksidatif dekarbolsilasi oksidatif atau disingkat dengan DO adalah proses Perubahan Piruvat Menjadi Asetilkoezim – A

Ø Proses De yang mana proses ini berlangsung karboksilasi Oksidatif ini di membran luar mitocondria sebagai fase antara sebelum Siklus Krebs ( Pra Siklus Krebs ) sehingga DO sering dimasukkan langsung dalam Siklus krebs .

Ø Reaksi oksidasi piruvat hasil glikolisis menjadi asetil koenzim-A, merupakan tahap reaksi penghubung yang penting antara glikolisis dengan jalur metabolisme lingkar asam trikarboksilat (daur Krebs).

Ø Reaksi yang diaktalisis oleh kompleks piruvat dehidrogenase dalam matriks mitokondria melibatkan tiga macam enzim (piruvat dehidrogenase, dihidrolipoil transasetilase, dan dihidrolipoil dehidrogenase), lima macam koenzim (tiaminpirofosfat, asam lipoat, koenzim-A, flavin adenin dinukleotida, dan nikotinamid adenin dinukleotida) dan berlangsung dalam lima tahap reaksi.

Ø Keseluruhan reaksi dekarboksilasi ini irreversibel, dengan ∆ G 0 = - 80 kkal per mol.

Ø Reaksi ini merupakan jalan masuk utama karbohidrat kedalam daur Krebs.

Ø Tahap reaksi pertama dikatalis oleh piruvat dehidrogenase yang menggunakan tiamin pirofosfat sebagai koenzimnya.

Ø Dekarboksilasi piruvat menghasilkan senyawa α-hidroksietil yang terkait pada gugus cincin tiazol dari tiamin pirofosfat.

Ø Pada tahap reaksi kedua α-hidroksietil didehidrogenase menjadi asetil yang kemudian dipindahkan dari tiamin pirofosfat ke atom S dari koenzim yang berikutnya, yaitu asam lipoat, yang terikat pada enzim dihidrolipoil transasetilase.

Ø Dalam hal ini gugus disulfida dari asam lipoat diubah menjadi bentuk reduksinya, gugus sulfhidril. Pada tahap reaksi ketiga, gugus asetil dipindahkan dengan perantara enzim dari gugus lipoil pada asam dihidrolipoat, kegugus tiol (sulfhidril pada koenzim-A).

Ø Kemudian asetil ko-A dibebaskan dari sistem enzim kompleks piruvat dehidrogenase.

Ø Pada tahap reaksi keempat gugus tiol pada gugus lipoil yang terikat pada dihidrolipoil transasetilase dioksidasi kembali menjadi bentuk disulfidanya dengan enzim dihidrolipoil dehidrogenase yang berikatan dengan FAD (flavin adenin dinukleotida).

Ø Akhirnya (tahap reaksi kelima) FADH + (bentuk reduksi dari FAD) yang tetap terikat pada enzim, dioksidasi kembali oleh NAD + (nikotinamid adenin dinukleotida) manjadi FAD, sedangkan NAD + berubah menjadi NADH (bentuk reduksi dari NAD +).

sumber yang menjelaskan artikel terkait :
http://obtrando.wordpress.com/glo-vitamin-b6/
http://www.VIT.B6.com/index.php?option=com_content&task=category&sectionid=18&id=34&Ite
semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan untuk kita semua ya sobat jangan lupa share ya dan terima kasih telah berkunjung diblog yang sederhana ini.

0 komentar :

Post a Comment

Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.