Home » » Sumber- Sumber Air

Sumber- Sumber Air

Air adalah komponen kehidupan paling utama dalam kehidupan kita, mahluk hidup tidak akan bisa hidup tampa air mahluk hidup untuk hidup membutuhkan air, untuk itu air menjadi prioritas utam dalam kehidupan kita sehari-hari. pada kesempatan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran air dan pada kesempatan kali ini admin juga akan membahas artikel tentang air yang berjudul Sumber- Sumber Air.

air di muka bumi ini terbagi menjadi 2 bentuk air masin (laut) dan air tawar keduanya sangat berpengaruh didalam ekosistem di bumi, untuk itu tugas kita sebagai manusia untuk menjaga ekosistem tersebut agar tetap labil dan seimbang karena ketidak imbangan ekosistem akan menyebabkan suatu musibah dan bencana, jadi peran antara mahluk hidup satu dengan yang lainnya adalah saling terkegantungan.

Baca Juga : menjernihkan air dengan saringan pasir lambat

air yang di perlukan untuk kehidupan kta sehari-hari adalah air tawar bisa kita dapatkan dari sungai, hujan, danau, hingga penyulingan, hal itu menandakan bahwa keperluan air sangatlah penting sehingga untuk mendapatkannya di perlukan cara metode dan lain sebagainya.sumber-sumber air dapat di bedakan menjadi 3 jenis diantaranya Sumber air angkasa, sumber air permukaan dan sumber air tanah dalam

Sumber Air Angkasa

sumber air angkasa adalah sumber air yang asal mulanya didapatkan dari langit atau angkasa conothnya adalah air hujan, hujan juga merupakan salah satu sumber air bagi kehidupan kita sehari-hari, tetapi datangnya hujan biasanya di karenakan oleh sebuah musim untuk itu jika kita mengandalakan sumber air angkasa sebagai sumber air itu tidaklah mungkin, karena kehidupan kita sehari-hari membutuhkan air dan juga air hujan tidak bisa langsng di olah perlu proses terntu dulu karena jika langsung di olah air hujan mempunyai kadar kimia Besi yang tinggi selain itu juga air hujan mempunyai PH yang asam dan bersifat Lunak.

Sumber Air Permukaan

sumber air permukaan adalah sumber air yang asal mulanya didapatkan dari permukaan tanah contohnya, Air danau, air sungai, air sumur dangkal. itu semua merupakan salah satu dari sekian contoh yang didapat dari sumber air permukaan.

Sumber Air Tanah Dalam

Air tanah merupakan air hujan yang jatuh kepermukaan bumi yang kemudian mengalami perkolasi atau penyerapan kedalam tanah dan mengalami proses filtrasi secara alamiah. sumber air tanah dalam adalah sumber air yang di dapatkan dari kedalaman tanah, contoh sumur yang memiliki kedalaman 50 -100 meter, hal tersebut akan memunculkan air dari kedalaman tanah.

Manfaat Air Bagi Mahluk Hidup dan Lingkungan

Air merupakan komponen utama dari tubuh, rata-rata setiap orang memiliki 60% air dari berat tubuhnya. Semua sistem didalam tubuh tergantung oleh air. Salah satu contoh, air akan membilas racun dari organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung dan tenggorokan.

semua mahluk hidup membutuhkan air, baik dari dalam tubuhnya sendiri maupun diluar tubuhnya, contoh oksigen juga perlu dilarutkan terlebih dahulu sebelum masuk kedalam pembuluh-pembuluh darah. dan juga aktifitas kita sebagai manusia seperti mandi, mencuci, dan untuk bercocok tanam, semua membutuhkan air, jika tidak ada air otomatis tidak akan kehidupan dimuka bumi ini.

Air sangat dibutuhkan bagi kehidupan masyarakat sehari-hari tampak dari tempat-tempat di bumi ini yang dipilih masyarakat untuk bermukim. Pemukiman banyak ditemukan di sekitar perairan seperti sungai-sungai. Oleh karena itu pula kota-kota di dunia ini terletak di dekat sungai. Manusia sebagai makhlik budaya juga terpengaruh oleh sifat-sifat lingkungan air, sehingga dapat mengembangkan teknologi dalam rangka mendayagunakannya.

kalau kita mau menggali dan membahas satu persatu mungkin gak ada habisnya manfaat air bagi kehidupan mahluk hidup untuk itu mari kita uraikan beberapa contoh mafaat air bagi mahluk hidup seperti dibawah ini :

1. bermanfaat sebagai faktor kehidupan tanaman

2. bermanfaat sebagai faktor kehidupanMahluk hidup

3. bermanfaat sebagai faktor proses metabolisme mahluk hidup

4. bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan internal maupun external mahluk hidup.

Pengaruh Air Bagi Kesehatan Manusia.


begitu pentingnya air, sehingga kita sebagai manusia yang berakal untuk tidak lupa menjaga sumber-sumber air yang ada dibumi kita tercinta ini, tampa air maka tidak ada satupun kehidupan didunia ini yang akan bisa bertahan hidup. air yang tercemar baik oleh bateriologis maupun kimia sangat berbahaya sekali untuk kelangsungan hidup manusia, karena, jika kita mengkonsumsi air yang tercemar maka kesehatan kitapun akan terganggu dan pada kasus parahnya adalah menyebabkan kematian

kekurangan air didalam tubuh kita akan menyebabkan dehidrasi, dan jika tidak segera ditangani dalam jangka 24 jam orang tersebut bisa meninggal dunia, hal tersebut merupakan salah sat contoh begitu pentingnya air dalam kesehatan manusia. untuk itu jagalah air dan sumbernya agar tidak tercemar atau rusak oleh tangan yang tidak bertanggung jawab

jika air tercemar oleh bacteri, seperti E.coli, maka tidak dapat dipungkiri kalau kita mengkonsumsi air tersebut maka kita akan terserang penyakit diare, disentri dan lain hal sebagainya. begitupun jika air tercemar oleh bahan kimia seperti mercury, atau baha kimia radio aktif maka akan berdampak buruk terhadap kesehatan salah satu contohnya bisa menimbulkan penyakit saraf, gatal-gatal, kangker dan pada kasus parahnya bisa menyebabkan kematian.

Demikian ulasan singkat mengenai air semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan jagan lupa ya untuk membca artikel-artikel menarik lainya dari blog yang sederhana ini.

    0 komentar :

    Post a Comment

    Admin tidak selalu Online, jadi dimohon dalam berkomentar dengan baik dan benar serta sopan, jangan menautkan link aktif yang tidak relefan dengan postingan dan isi content blog.